Kunjungan Studi Banding DPRD Kabupaten Sijunjuang ke Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sumatera Barat

Selasa, 02 Februari 2016 16:40 WIB

Simpang Haru Padang, Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia Propinsi Sumatra Barat (KORPRI SUMBAR) - Padang, 28 Januari 2016

Menyikapi pentingnya peranan Sekretariat Dewan Pengurus Korpri dalam menunjang gerak langkah organisasi Dewan Pengurus Korpri di Kabupaten Sijunjuang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sijunjuang telah membentuk Pansus I Pembahasan Ranperda Kabupaten Sijunjuang tentang Organisasi dan Tata kerja Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Sijunjuang. Selain itu, Pansus I ini juga bertugas untuk membentuk Ranperda tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil. Khusus untuk pembentukan Sekretariat Dewan Pengurus Korpri, Pansus I DPRD Kabupaten Sijunjuang ini telah mengagendakan beberapa kunjungan studi banding tidak hanya di Sumatera Barat, tapi juga telah berkunjung ke salah satu Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten di Jawa Barat. Sementara untuk agenda kunjungan studi banding ke Sekretariat Korpri Provinsi dan beberapa kabupaten/kota lainnya dimulai pada 28 Januari 2016. Untuk kunjungan pertama di Sumatera Barat, Pansus I ini melakukan studi banding ke Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sumatera Barat.

Kunjungan Pansus I Pembahasan Ranperda Kabupaten Sijunjuang tentang Organisasi dan Tata kerja Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Sijunjuang dipimpin langsung oleh Koordinator Pansus I yang sekaligus juga adalah Ketua DPRD Kabupaten Sijunjuang ProvinsiSumatera Barat Bp. Mukhlis Rasyid, S.Sos. sepertinya hampir seluruh anggota Pansus I ini hadir dalam acara kunjungan studi banding ini seperti Ketua Pansus I Dermawan, S.H., Wakil Ketua Pansus I Nasri AR dan 7 (tujuh) anggota Pansus lainnya. Selain itu, rombongan juga didampingi oleh staf sekretariat DPRDKabupaten Sijunjuang.

Rombongan diterima oleh Sekretaris Korpri Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bagian Usaha dan Bansos Yudhi Edmund, S.H., M.Hum dan Kepala Bagian Olahraga Seni Budaya,Mental dan Rohani Ir. Abdul Hamid, M.Si serta didampingi oleh Kasubag Kerjasama Sylvia Afwanti Putri, S.H.

Dari pemaparan dasar kunjungan Studi Banding Pansus I antara lain menyebutkan bahwa keinginan mereka untuk mendapatkan masukan, saran, kiat dan langkah-langkah dalam pendirian SKPD baru pendukung organisasi Dewan Pengurus Korpri. Dalam pandangan Ketua dan Anggota Pansus I ini keberadaan Sekretariat Dewan Pengurus Korpri sangat penting mengingat beban kerja Dewan Pengurus Korpri terutama sekali dalam hal menjaga etika dan profesionalitas aparatur, perlindungan hukum dan upaya peningkatan kesejahteraan aparatur sebagaimana yang diamanatkan dalam Ps. 126 Undang-undang UU No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara hanya dapat terwujud jika didukung oleh Sekretariat yang berada dalam kedinasan atau sebagai SKPD. Namun di sisi lain mereka beranggapan jangan pula pembentukan SKPD ini menjadi beban pemerintah karena membengkaknya anggaran belanja untuk kepentingan pegawai. Karena itulah,lanjut Koordinator Pansus I Pembahasan Ranperda Kabupaten Sijunjuang tentang Organisasi dan Tata kerja Sekretariat Dewan Pengurus Korpri KabupatenSijunjuang ini diperlukan kajian mendalam sebagaimana juga telah dilakukan kajian dan perbandingan di beberapa kab/kota di Jawa Barat.

Sementara Yudhi Edmund, S.H.,M.Hum memaparkan kisah pendirian SKPD Sekretariat Korpri Provinsi Sumatera Barat pada 2013 yang lalu dan langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam pendirian Sekretariat Korpri di Kabupaten Sijunjuang nantinya.



Berita ini dicetak dari: Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia Propinsi Sumatra Barat (KORPRI SUMBAR)
http://korpri.sumbarprov.go.id/berita/16/kunjungan-studi-banding-dprd-kabupaten-sijunjuang-.html