Gubernur Irwan Prayitno Membuka Secara Resmi Diklat Kepemimpinan Tk. III

Rabu, 02 Maret 2016 07:20 WIB

Padang Basi Indaruang, Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia Propinsi Sumatra Barat (KORPRI SUMBAR) - Di sela-sela waktu padatnya selaku Kepala Pemerintahan dan selaku Gubernur di Sumatera Barat,Irwan Prayitno masih sempat memberikan pembekalan kepada Peserta Diklat Kepemimpinan Tk. III yang dimulai penyelenggaraannya pada tanggal 1 Maret 2016 ini. Gubernur yang demikian antusias membuka dan sekaligus memberikanpembekalan ini juga berdasarkan kepada pentingnya peran eselon III dalam menjembatani tataran strategis kebijakan kepala daerah. Gubernur sangat meyakini bahwa perubahan-perubahan baru harus diwujudkan dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat sebagai mana janji yang telah diikrarkan untuk kembali menjadi pemimpin di masa kampanye dulu. Sebagaimana diketahui, seluruh janji kampanye akan direalisasikan dalam rencana program lima tahunan melalui RPJMD dan diaplikasikan oleh setiap SKPD melalui Renstra SKPD, dan hal itu hanya bisa terwujud jika janji dalam RPJMD tersebut melalui pimpinan SKPD dapat diterima secara penuh oleh pejabat eselon III yang pada saat ini mengikuti diklat kepemimpinan ini.

Penyelenggaraan Diklat dengan Pola Baru sesuai dengan Peraturan Kepala LAN RI Nomor 19 Tahun 2015 ini, adalah Diklat kepemimpinan yang dirancang untukmembentuk dan mengembangkan mereka menjadi pemimpin perubahan. Dengan dasar itu, perubahan yang terarah juga akan berdampak kepada tujuan RPJMD dalam menggerakkan roda pemerintahan. Pesan-pesan kepala daerah dalam janji kampanye harus diwujudkan melalui peran strategis pejabat eselon III. Pesan itulah yanga kan menjadi pegangan bagi peserta diklat untuk proyek perubahan mereka dan sekaligus juga menjembatani rencana strategis SKPD dan mengaplikasikan nanti kepada bawahannya dan seterusnya juga akan berdampak dalam bentuk program dan kegiatan yang sinergis dengan pola perubahan yang diinginkan kepala daerah tersebut. Bagi para peserta Diklat Kepemimpinan Tk. III, Pembekalan olehGubernur Irwan Prayitno ini seakan menjadi gandul yang akan menggerakkan mesin waktu perubahan yang sangat dinantikan oleh peserta diklat.

Pembukaan diklat yang direncanakan secara resmi pada Rabu Pagi, 2 Maret 2016, dimajukan menjadi Tanggal 1 Maret 2016 Hari Selasa pukul 20.00 WIB malam. Peserta Diklat kepemimpinan Tk. III di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sebanyak 30 (tiga puluh ) orang peserta yang berasal dari berbagai SKPD. Pada waktu yang bersamaan juga sekaligus diresmikan pelaksanaan Pembukaan Diklat Prajabatan Golongan III Pola Kontribusi dengan peserta berasal dari Kabupaten dan Kota, Instansi Vertikal di Sumatera Barat serta dari Provinsi Riau dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang.

Selain peserta diklat yang telah mendaftar dan registrasi sejaksore juga hadir Kepala Badan Diklat Bapak H. Rosman Effendi, S.E., S.H.,M.M dan jajaran Kabid dan Sekretaris Badan Diklat. Juga hadir wakil dari beberapa Kepala SKPD dan yang mewakili di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Setelah melalui beberapa prosesi pembukaan diklat secara resmi, Gubernur Irwan Prayitno memberikan sambutan dan arahannya kepada peserta diklat yang antara lain menyebutkan bahwa dengan mengikuti diklat banyak manfaat yang akan kita dapatkan, salah satunya adalah ilmu dan pengalaman, sebagaimana juga dianjurkan oleh banyak dalil-dalil dalam hadis dan Alqur’an agar manusia selalu belajar dan menuntut ilmu.

Lebih jauh dijelaskan oleh Gubernur yang enerjik ini bahwa setting yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Diklat Kepemimpinan Tk. III ini adalah agar ada perubahan mindset dan culturset, dengan kata lain yang diharapkan dari diklat ini adalah agar ada perubahan karakter yang akan memunculkan ide-ide baru perubahan, perubahan ke arah yang lebih baik. Merubah karakter dan perilaku supaya bisa menjadi pemimpin yang lebih baik.


Berita ini dicetak dari: Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia Propinsi Sumatra Barat (KORPRI SUMBAR)
http://korpri.sumbarprov.go.id/berita/24/gubernur-irwan-prayitno-membuka-secara-resmi-dikla.html