Panandatanganan MoU Penyediaan Rumah Murah untuk Anggota Korpri

Kamis, 02 Juni 2016 23:56 WIB

Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia Propinsi Sumatra Barat (KORPRI SUMBAR) - Gubernur Sumatera Barat menandatangani MoU dengan BTN Tentang Penyediaan Rumah Murah untuk PNS

Pada Hari Kamis, 2 Juni 2016, Bertempat di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menandatangani memorandum of understanding (MoU) Kerjasama penyediaan Rumah Murah untuk Anggota Korpri Provinsi Sumatera Barat. Penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat dengan Bank Tabungan Negara (BTN) serta dengan DPD Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Barat untuk pembangunan perumahan bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini juga sekaligus berkaitan dengan dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam merealisasikan program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah pusat.
Dalam kata sambutannya, Gubernur yang enerjik ini memberikan sambutannya diselingi dengan beberapa pantun yang jenaka dan membuat hadirin tertawa, diantara pantun tersebut adalah:

“MoU dengan BTN ditandangani

Rumah murah untuk pegawai negeri

BTN siap memberi fasilitasi

Begitu tinggi perhatian untuk Korpri”

Lebih jauh dijelaskan bahwa penyediaan rumahmurah ini dilandasi kondisi riil saat ini karena banyak PNS yang belum memilikirumah sendiri dan di sisi lain juga tidak adanya kemampuan untuk membeli secaratunai. Dengan adanya mekanisme pembiayaan bantuan uang muka melalui Bapertarumdan angsuran ringan melalui kredit perumahan dari BTN, maka solusi mendapatkanrumah murah bagi PNS menjadi hal yang sangat mungkin untuk dilakukan.

“PNS banyak kerja di kantor

Kerjanya setiap tahun menyewa

Punya rumah dengan sedikit setor

Bantu pemerintah dengan program sejuta rumahnya”



“tanpa uang muka dapat rumah

Setor uang tidak besar

Rumah sendiri jadi berkah

Walaupun rumah tidaklah besar”



Acara penandaranganan MoU ini juga dihadiri oleh Ketua Korpri Provinsi Sumatera Barat DR. H. Ali Asmar, M.Pd, serta Sekretaris H. Eko Paisal, S.Kom., MM dan jajaran pengurusnya, Korpri Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat, Kepala Biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, Direktur BTN, REI Cabang Sumatera Barat dan Gapensi serta wakil Pegawai Negeri Sipil dari beberapa SKPD Provinsi Sumatera Barat.

Dalam kata sambutan Ketua Korpri Provinsi Sumatera Barat DR. H. Ali Asmar, M.Pd menyebutkan bahwa kebutuhan rumah murah bagi PNS adalah kebutuhan dasar yang mendesak karena fakta tingginya permintaan rumah murah. Dari data yang dihimpun oleh Bapertarum sedikitnya ada 2634 PNS yang belum memiliki rumah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Dan ketika didata ulang saat ini PNS yang berminat untuk mengajukan kredit pemilikan rumah murah bagi PNS ini mencapai angka 3150 dari sekitar 8000-an PNS Sumatera Barat. Lebih jauh Ketua Korpri ini juga berharap agar PNS dapat kemudahan dalam mendapatkan rumah murah sebagaimana juga pernah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Perumahan-perumahan Pemdanya.

Sementara Direktur BTN menyebutkan bahwa ada dana 800 Milyar Rupiah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk kredit penyediaan rumah murah ini dengan harga sekitar 116 juta dengan kredit nantinya hanya 5 %. Sementara durasi angsuran bisa mencapai jangka waktu 25 tahun untuk memberi kemudahan bagi PNS dalam mendapatkan rumah murah ini.






Berita ini dicetak dari: Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia Propinsi Sumatra Barat (KORPRI SUMBAR)
http://korpri.sumbarprov.go.id/berita/29/panandatanganan-mou-penyediaan-rumah-murah-untuk-a.html