Ketua Korpri Membuka dan Meresmikan Seleksi MTQ Korpri Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Senin, 03 Oktober 2016 08:46 WIB

Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia Propinsi Sumatra Barat (KORPRI SUMBAR) - Ketua Korpri Membuka danMeresmikan Seleksi MTQ Korpri Tingkat Provinsi Sumatera Barat




Padang, 2 Oktober 2016

Bertempat di Masjid Kantor Gubernur Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Jalan Sudirman Padang, Ketua Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Provinsi Sumatera Barat DR. H. Ali Asmar, M.Pd yang juga Sekretaris Daerah Provisi Sumatera Barat membuka dan meresmikan pelaksanaan Seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan memilih Aparatur Sipil Negara atau Pegawai Negeri Sipil yang akan mewakili Sumatera Barat dalam ajang perlombaan MTQ Korpri III Tingkat Nasional di Samarinda Kalimantan Timur. Lebih jauh, Ketua Korpri Provinsi Sumatera Barat ini menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda Korpri secara Nasional yang selalu dilaksanakan setiap 2 tahun, dan tahun ini adalah penyelenggaraan yang ketiga kalinya. Harapan kita nantinya akan terpilih wakil-wakil Sumatera Barat dalam MTQ Korpri Tingkat Nasional ini sebagaimana juga pada tahun-tahun sebelumnya yang juga telah mengharumkan nama Sumatera Barat, untuk itu kita berharap bisa lebih ditingkatkan lagi.

Acara yang didahului dengan Laporan Panitia dari Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sumatera Barat H. Eko Paisal, S.Kom., MM dan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Elnida –juara III MTQ Korpri II di Banda Aceh tahun 2014 yang lalu, diikuti lebih kurang 123 orang peserta perwakilan/utusan Korpri Provinsi, Instansi Vertikal dan Korpri Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat. Selain itu juga hadir Pengurus Korpri Provinsi dan Pengurus Korpri Kabupaten dan Kota se Sumatera Barat.

Dalam laporannya, H. Eko Paisal menyebutkan bahwa kegiatan Seleksi ini adalah untuk memilih wakil dari PNS Provinsi Sumatera Barat untuk mengikuti perlombaan MTQ Korpri III Tingkat Nasional di Samarinda Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 – 21 November 2016 nanti. Untuk itu, seleksi ini akan memberikan penghargaan kepada peserta yang terpilih melalui seleksi ini untuk mewakili Sumatera Barat. Seleksi Tingkat provinsi berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 2 - 3 Oktober 2016 dengan prosesi pembukaan di Masjid Kantor Gubernur. Untuk perlombaannya nanti akan menggunakan 2 lokasi yaitu Masjid Kantor Gubernur untuk cabang Tartil dan Tilawah, sementara untuk 3 cabang lainnya Khat, Hifzhil Qur’an serta dakwah dilaksanakan di Kantor Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sumatera Barat di Jalan Sisingamangaradja Nomor 36 Simpang Haru Padang Timur.

Adapun tema secara Nasional untuk MTQ Korpri III tahun 2016 ini adalah “MELALUI MTQ KITA WUJUDKAN PERAN KORPRI SEBAGAI APARATUR SIPIL NEGARA YANG BERSIH, BERWIBAWA DAN BERMARTABAT SESUAI TUNTUNAN AL-QUR’AN DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA”

Cabang-cabang yang diperlombakan pada ajang seleksi MTQ Korpri tk. Provinsi ini mengikuti arahan dari PanitiaMTQ Korpri Tk. Nasional yaitu meliputi 5 cabang antara lain:

1. Cabang Tartil al-Qur’an kategori perlombaan untuk 1 Putra dan 1 putri

2. Cabang Tilawah al-Qur’an untuk 1 Putra dan 1 Putri

3. Cabang Hifzh al-Qur’an (HQ)

a. Surat al-Baqarah dan Juz‘Amma (3 Juz Plus): 1 Putra dan 1 Putri

b. Surat al-Baqarah s.d.an-Nisa’ (5 Juz Plus): 1 Putra dan 1Putri

c. Surat al-Baqarah s.d.at-Taubah (10 Juz Plus): 1 Putra

4. Dakwah al-Qur’an (DQ): 1 Putra dan 1 Putri

5. Cabang Khat al-Qur’an (KQ):

a. Golongan Dekorasi 1 Putra dan 1Putri

b. Golongan KaligrafiKontemporer 1 Putra dan 1 Putri

jika dijumlahkan seleksi in inantinya akan memilih wakil Sumatera Barat berdasarkan cabang-cabang yang diperlombakan tersebut untuk 8 Putra dan 7 Putri atau total 15 orangQori/Qoriah PNS yang akan mewakili Sumatera Barat untuk mengikuti MTQ KorpriIII tingkat nasional di Samarinda Kalimantan Timur. Sementara dewan hakim atau juri yang akan menyeleksi peserta MTQ Korpri Tingkat Provinsi ini adalah Dewan hakim atau juri yang telahberpengalaman dan mantan juara MTQ Nasional seperti Bapak DR. H. Rafles, BapakSuardi, Indra Hadi, Amsyaruddin Chan serta Bapak Muhapril Mursi.Selamat berlomba…..



Berita ini dicetak dari: Sekretariat Korps Pegawai Republik Indonesia Propinsi Sumatra Barat (KORPRI SUMBAR)
http://korpri.sumbarprov.go.id/berita/36/ketua-korpri-membuka-dan-meresmikan-seleksi-mtq-ko.html